Makin dekatnya masa pemilu Menyebabkan berita mengenai pemilu makin santer. Salah satunya adalah modal yang diperlukan untuk menjadi salah satu wakil rakyat ini. Disebutkan ada banyak sekali biaya yang haru dikeluarkan oleh calon legislatif untuk menduduki posisi legislatif? Jadi sesungguhnya berapa sih biayanya? Mari kita kenali beberapa info caleg 2019 berikut.

Biaya menjadi seorang calon legislatif berdasarkan posisinya

Untuk menduduki kursi legislatif memang tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Mengapa? Hal ini disebutkan karena pemimpin di kursi legislatif memang tidak memiliki pengenalan secara resmi pada masyarakat seperti pemimpin negara. Mereka hanya mengenakan diri para masyarakat dengan melakukan kampanye pasif seperti mengeluarkan selebaran atau hal-hal lain yang bisa menjadikan mereka populer.

Ya popularitas adalah kunci menjadi seorang calon legislatif karena makin banyak wajah anda dikenal, maka makin murah orang menentukan pilihan untuk memilih anda. Oleh karena itu, banyak orang menghabiskan uang hingga ratusan hingga milyaran juta rupiah untuk membangun image tersebut. Untuk menjadi seorang calon legislatif ada 3 level yang bisa menjadi incaran anda . Yaitu calon legislatif daerah, calon legislatif provinsi dan juga calon legislatif pusat DPR RI. Untuk 3 level ini biaya yang bisa dikeluarkan beda. Yang paling murah tentu menjadi calon legislatif kota atau daerah. Untuk menjadi calon legislatif daerah modal minimal yang perlu digunakan adalah sekitar 250 juta hingga 300 juga, menyusul DPR provinsi dengan nominal 500 juta hingga 1 milyar dan yang paling mahal adalah calon legislatif DPR RI yaitu 1 hingga 2 milyar rupiah.

Sayangnya dari info caleg 2019 ini juga disebutkan bahwa dengan uang sebesar itu anda hanya menghabiskannya untuk kampanye. Bukan untuk membeli kursi di legislatif tersebut. Artinya uang ini bisa hilang dan tidak menghasilkan apa-apa. Banyak juga yang mengatakan jika anda tidak benar-benar kaya sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif. Bisa gila karena kehilangan uang sebesar itu.

Efek biaya calon legislatif yang besar ini

Banyak info caleg 2019 yang menyebutkan bahwa biaya ini merupakan biaya minim untuk menjadi seorang anggota legislatif. Bahkan untuk para artis yang notabennya sudah memiliki popularitas yang tinggi mereka masih tetap membutuhkan dana yang besar untuk melakukan kampanye. Tapi meski biaya ini tidak mudah masih ada saja wajah-wajah baru yang berusaha menjadi anggota legislatif. Kenapa ya banyak orang tertarik menjadi calon legislatif? Bahkan orang yang awam politik dan tidak tahu menahu mengenai hukum juga sering kali bergabung. Tanpa kualitas dan hanya mengandalkan dompetnya sama. Salah satu hal yang mendorong banyaknya orang awam bergabung menjadi anggota legislatif tentu karena adanya janji dan iming-iming penghasilan yang besar yang bisa didapatkannya. Apalagi dengan budaya korupsi yang saat ini masih banyak dilakukan menyebabkan banyak orang makin gencar untuk mendapatkan posisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *