Seiring berkembangnya zaman, generator set didesain untuk membantu membangkitkan kebutuhan daya listrik, ini artinya ada banyak inovasi terbaru dari teknologi genset seiring perkembangan yang terjadi. Harga generator juga dapat bervariasi. Untuk memaksimalkan kinerja dari genset itu sendiri, ada beberapa jenis genset yang perlu kita ketahui, diantaranya :

  1. Mesin Genset Diesel

Mesin genset diesel merupakan mesin yang banyak digunakan karena mudah sekali menjumpai jenis genset ini dan harga generatornya juga terjangkau. Genset ini mempunyai kapasitas 5000 watt hingga 2.000.000 watt. Selain itu, mesin genset jenis ini mempunyai silinder mulai dari 2 hingga 6 silinder.

  1. Mesin Genset Gas

Mesin generator set ini memakai bahan bakar gas yang digunakan untuk menyalakannya. Adapun gas yang digunakan, seperti CNG (Compressed Natural Gas dan LPG (Liquid Petroleum Gas). Pada gas CNG itu sendiri harus memakai infrastruktur yang berasal dari pipa gas untuk mendistribusikan CNG sebagai bahan bakar yang digunakan pada genset itu sendiri. Pemakaian gas CNG ini juga harus dipertimbangkan sebab pembiayaannya yang sangat mahal.

  1. Mesin Genset Portable

Mesin genset jenis ini banyak diaplikasikan di luar ruangan ataupun biasa dibawa kemana saja sebab ukurannya lebih kecil dibandingkan genset jenis lainnya. Hal tersebut dikarenakan dapat dibawa menggunakan mobil pick up/bak yang umumnya dimanfaatkan untuk menyalakan arus listrik di tempat-tempat perkemahan ataupun di lapangan. Harga dari generator juga dapat berbeda sedikit di berbagai vendor.

  1. Mesin Genset Bensin

Mesin genset yang satu ini memakai bahan bakar bensin, biasanya mempunyai kapasitas maksimal sebesar 10 kw (10.000 watt), jenis mesin genset ini juga sangat mudah dijumpai karena ada banyak orang yang menggunakannya.

  1. Mesin Genset Urine

Dengan banyaknya inovasi terbaru yang dibuat, sebanyak 4 pelajar Afrika akhirnya menemukan generator set yang memanfaatkan bahan bakar urine, dimana pelajar tersebut bernama Faleke Oluwatoyin, Bello Eniola, Akindele Abiole, dan Duro Aina Adebola, mereka membuat mesin genset dengan memanfaatkan urine menjadi bahan bakarnya, yang mana dalam 1 liter urine dapat menghasilkan daya listrik hingga 6 jam.

  1. Mesin Genset Turbin

Mesin genset yang satu ini mempunyai kapasitas listrik yang paling besar diantara genset lainnya sebab mempunyai kapasitas melebihi 2.000.000 watt, maka harga generator ini bisa terbilang tidak murah. Biasanya genset tersebut bisa menyalakan lampu dengan menggabungkan turbin-turbin. Dalam membangun turbin sendiri memerlukan hitungan sanga cermat menyesuaikan kondisi yang ada di sekitarnya. Selain itu, dalam turbin sendiri terdiri dari turbin air, turbin uap, dan lain sebagainya. Untuk turbin uap biasanya memanfaatkan tenaga uap sebagai pemutar mesinnya, lewat hasil putaran inilah nantinya disalurkan pada turbin lainnya agar menghasilkan tenaga listrik. Turbin air sendiri menggunakan arus air yang deras yang memerlukan putaran deras, karenanya menghasilkan putaran menuju generator agar menghasilkan daya listrik dan sistem kerjanya ini sama seperti pada turbin lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *