Lebih dekat dengan rangka besi hollow galvanis tentunya bisa menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai rangka galvanis ini. Penasaran, seperti apa penjelasannya? Langsung saja, berikut pembahasannya.

Mengenal apa itu rangka galvanis

Galvanis merupakan suatu proses pelapisan seng yang terdapat pada lembaran baja supaya baja tidak cepat berkarat. Komposisi cairan galvanis ini terdiri dari +/- 1% aluminium, dan 97% seng/zink, sisanya adalah bahan lain hingga 100%. Bahan-bahan lain tersebut seperti Fosfor (P), Mangan (Mn), Silikon (Si), dan sebagainya.

Peran zinc di sini tentunya sangat penting untuk melindungi lembaran baja dari berbagai polutan yang bisa menyebabkan karat di lembaran baja tersebut. Dengan adanya kandungan zinc di dalamnya, tentunya zinc tersebut akan mengorbankan dirinya supaya termakan oleh polutan-polutan sampai habis. Lapisan tersebut bermanfaat dalam mencegah rangka galvanis berkarat dan korosi.

Proses pencelupan galvanis

Ada beberapa kasus yang mengalami karat di bagian pinggiran baja lembaran setelah mengalami proses pemotongan. Hal seperti ini biasa terjadi, namun anda tidak perlu khawatir karena karat tersebut tidak dapat secara langsung menyerang plat baja lembaran tersebut. Hal ini dikarenakan plat baja tersebut sudah terlindungi oleh lapisan galvanis. Dalam melakukan proses pelapisannya itu, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa pencelupan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Proses pencelupan dengan continous hot-dipped galvanising

Caranya adalah baja tersebut dicelupkan ke cairan timah yang dilakukan terus menerus tanpa terputus. Sedangkan plat baja yang dicelupkan tersebut merupakan plat baja coil atau gulungan. Dengan begitu, dibagian ujung mesin celup galvanisnya terdapat alat yang disebut dengan recoiler dan incoiler.

  • Proses pencelupan secara konvensional

Merupakan baja (biasanya adalah produk jadi), yang dicelupkan ke cairan timah.

Galvanisasi dengan produk akhirnya sering disebut dengan galvanis, yang melibatkan proses elektrokimia dan elektrodeposisi. Saat ini, metode yang lazim digunakan adalah hot-dip galvanisasi, yang mana bagian-bagian baja tersebut direndam ke dalam bak seng cair.

Semoga bermanfaat! Itulah beberapa paparan mengenai lebih dekat dengan rangka galvanis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *